"Wellcome To The Crazy Blog, Sekedar Coretan Dari Shade!" Shade-Lawar: Wayan Mustika

Desember 05, 2009

Wayan Mustika

Saudara laki gw satu-satu nya, dia anak pertama, karna itu jaraknya jauh banget sama Gw. Gw gak tau banyak tetang dia, dia aja nikah waktu gw masih umur 5th. Kebayangkan jauhnya umur gw sama dia. Yang gw tau dia itu orangnya pendiam, gak suka basa-basi, tapi kurang mau perduli sama orang lain. Kalo gak suatu hal yang dia butuhkan dari seseorang, dia gak akan bersosialisasi sama orang tersebut. Kurang mau berusaha untuk mencapai kemajuan, berharap bantuan namun tak suka membantu. Tapi dia orang yang gak pernah complain kalo di suruh sama bokap gw, gak kayak gw yang suka ogah-ogahan kalo disuruh. Mungkin sebenernya dia buan orang yang seperti itu, tapi itu sedikit yang gw tau dari dia, (penilaian orang tak kan pernah sama terhdap satu hal yang sama).

Jujur, gw tu waktu kecil gak tau kalo gw punya kakak cowok, gw sama sekali gak ngerasain perhatian atau kasih sayang dari saudara cowok, mungkin karna umur dia yang jauh sama gw, jadi gak ada waktu yang terekam antara gw dan dia layaknya saudara. Bukan berarti gw gak nganggep dia, gw cuman ngeluarin apa yang ada antara gw dan dia. Gw mulai kenal dia lebih jauh itu disaat gw SMP. Sampe sekarangpun gw gak akrab sama dia.

Disini gw pengen sekedar corat-coret tentang kehidupannya sesuai dengan apa yang gw tau. Dia mulai SMP udah sekolah ke kota (ngekos), sama kaya gw. Harapan terbesar dari ortu gw ada sama dia. Jika anak yang tertua bisa sukses, pastinya mudah buat adek2nya bisa sukses. Karna itulah bokap gw berharap banget sama dia supaya bisa jadi patokan keluarga. Duit bukanlah masalah buat dia, apa aja yang dia minta pasti dikasih sama bokap gw. Diwaktu itu bokap gw juga lagi ada di masa kejayaan, banyak duitlah istilahnya, gak kayak sekarang, di saat giliran gw tiba, bahkan terkadang gw iri kalo gw bandingin sama keadaan gw sekarang. Gw sering mikir, seandainya gw yang jadi anak pertama.

Sayangnya hal itu kurang di manfaatin sama dia. Dia kurang mikirin masalah sekolah. Lebih ke hal-hal lainnya yang gak gw tau. Pokoknya di masa sekolah dia sering pindah-pindah sekolah, gw si gak tau penyebabnya apa, tapi itu yang gw denger, makanya dia punya rapot banyak banget. Di waktu muda si katanya dia ganteng abiez.. sampe-sampe banyak cewe yang naksir sama dia. Bahkna nyusul ke rumah gw. Mungkin pacaran yang bikin dia kurang doyan sama yang namanya sekolah.

Langsung aja ke masa dia lulus sekolah ya, soalnya gw gak seberapa tau dimasa sekolahnya gimana. Pas udah lulus, bokap gw pengennya dia lanjut kuliah. Dia daftar ke universitas Borobudur, ngabisin duit sekitar 10jt, kalo sekarang mungkin kisaran 100jt. Abis daftar, seminggunya lagi kuliah dimulai, jadi dia balik kampung dulu. 2 hari sebelum waktunya dia berakat, bokap gw ada acara di desa lain dan harus nginep sekitar 4 hari. Jadi dia dikasih duit buat brangkat. Tapi apakah yang terjadi, disaat bokap gw balik, ternyata dia masih ada dirumah. Dia bilang katanya jadwal kuliah diundur, tapi setelah seminggu dia masih belum berangkat, bokap gw udah nebak duluan kalo dia pasti gak niat buat kuliah. Terus tiba-tiba kakak gw ngomong ke bokap gw kalo dia pengen nikah, bokap gw kaget banget, itu hal terberat yang pernah di denger dan susah buat diterima sama bokap gw. Begitu besar harapan bokap gw ke dia, apapun bakal bokap gw lakuin asalkan kakak gw bisa sukses. Tapi apa yang bisa bokap gw lakuin kalo kakak gw sendiri gak punya kemauan untuk hal itu. Suatu hal yang dipaksakan tak akan mambuahkan hasil yang memuaskan. So… dengan terpaksa bokap gw menurutkan apa kehendak anak pertamanya itu.

Bokap gw kecewa abiez, setelah nikah, kakak gw gak dikasih ladang bahkan sampe sekarang, tapi cuman dipinjemin ladang sekitar setengah hectare, bokap gw punya maksud tersendiri. Mungkin suatu saat bokap gw bakal butuh dana buat anak-anaknya yang lain, jadi ladang gak sepenuhnya diserahin ke wayan. Alasan lainnya menurut gw adalah bokap gw sengaja ngelakuin hal itu bukan karna kejam, tapi pengen nunjukin ke kakak gw kalo setelah nikah itu gak gampang buat bisa dapetin penghasilan, bokap gw pengen kakak gw berusaha sendiri dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang udah dia pilih. Sekarang (Des ’09) kaka gw udah punya dua anak, cowok semua (diksa dan adit), yang pertama udah kelas 1 SMP dan yang kedua masih TK. Yang gw liat, dia gak begitu akur sama bininya. Cekcok melulu, kurang cocok kali ya…

Dia pernah sekali nasehatin gw, dia pengen gw berhasil dia gak pengen gw kayak dia nantinya. Dia bilang kalo dia nyesel. Jangan dulu mikirin kawin, selesaiin dulu pendidikan. Itu yang pernah dia bilang ke gw.

Satu kegagalan terjadi terhadap anak ortu gw, dan itu awal yang buruk bagi ortu gw, yang selalu berharap dimana semua anaknya bisa lebih sukses dari yang mereka mau. Bokap gw udah bisa nebak, bahwa hal itu akan berpengaruh besar terhadap anak2nya yang lain. Tapi kegagalan itu bukan lah akhir, bokap gw tetep semangat dan berharap kesuksesan dari anaknya yang lain. Dan apa yang terjadi terhadap saudara gw yang lainnya…..?

Pengalaman gw sama dia.
Suatu ketika, disaat gw mau berangkat kejogja abis liburan, nyokap gw nyuruh dia buat nganter gw ke pool mertasari, bus office. Sebelum berangkat, gw denger sedikit cekcok dia sama bininya, yang gw denger seperti ini “ kenapa gak nyuruh lek Kus aja..!” kata bininya. Trus dijawab sama kaka gw “ kan punya abang, kenapa harus nyuruh orang lain..!!”

Gw sedikit kaget ngedengernya, gw mau berangkat ke jogja dan mungkin lama gak pulang, gw pun jarang-jarang minta tolong ke dia, tp kok hal seperti ini aja diributkan…. Tadinya juga gw mau minta tolong lek Kus, tapi gw gak enak sring ngerepotin dia.

Pas udah brangkat, gw mampir dulu di Truka, di rumah sepu-pu (Beli Ngah Suake) gw buat minjem helm, kebetulan disana ada anaknya (made Sasre) yang lagi kuliah di PLN. Lama gw gak ketemu dia, tp disana gak banyak ngobrol gw langsung lanjut, takut ketinggalan bus.

Pas nyampe pool, ternyata kami kepagian. Upss.. bukan kepagiaan dink… tapi busnya yang lambat, kan abis lebaran, jadi arus balik bikin macet. Gw nunggu lama, sampe sekitar jam 5 sore belum juga dateng, padahal jadwalnya jam 1, sedangkan gw nyampe disananya jam 11. Akhirnya gw suruh kaka gw pulang aja. Nah… gw kan mau nitip kwitansi ke dia, gw suruh kasih ke adek gw, gw nyimpennya di dompet, pas gw ngluarin dompet, entah kenapa tiba-tiba kaka gw dengan spontan berkata “udah gak usah, aku ada kok” gw bingung, apa coba maksudnya.. gak lama, gw nyadar ternyata dia kira gw bakalan ngasih dia duit, haha.. gw langsung aja ketawa, trus gw bilang “ yey.. orang ada yang ku titipin ke adek..!” hehe dia nyengir deh…

Dan lucunya lagi… kwitansi itu adalah tanda bukti perbaikan printer. Dulu gw benerin printer gw yang rusak. Pas di jogja gw suruh adek gw buat ngambil prnternya, ternyata gak bisa diambil kalo gak ada tanda buktinya. Gw lupa nyimpennya dimana, gw cari di dopet juga gak ada. Dan ternyata, pas gw ngetik cerita ini, gw baru inget kalo tanda buktinya gw titipin sama kakak gw Wayan, mungkin dia lupa ngasih ke adek gw. Jadi sampe sekarang printernya belum gw ambil. Padahal udah setahun lebih. Untung gw nulis crita ini ya, kalo gak, pasti gw gak bakal pernah inget dimana kwitansinya, haha…

Tidak ada komentar: