"Wellcome To The Crazy Blog, Sekedar Coretan Dari Shade!" Shade-Lawar: Lek Kusno

November 27, 2009

Lek Kusno

Beliau salah satu orang hebat bagi gw, udah lebih dari 10 th dia masuk ke keluarga gw. Cukup lama untuk orang yang yang tadinya bukan siapa-siapa bagi gw. Di awali saat Mpu beli mobil, waktu itu gw baru kelas 2 SD. Mpu sering banget bepergian, hingga mau tak mau harus punya mobil sendiri. Tp gak ada yang bisa ngendarain, terus abang gw di suruh belajar nyetir mobil. Mpu minta tolong sama temennya (lek toyo) buat cari orang yang bisa nyetir, dan lek toyo kenal sama yang namanya lek kusnoto (gw biasa manggilnya lek kus).

Kurang lebih sekitar 2 minggu dia ngajarin abang gw, sebenernya si abang gw udah lihai, tp setiap bepergian, dia minta lek kus buat nemenin nyetir juga. Makin lama mungkin abang gw makin bosen nyetir mobil terus, namanya juga anak sendiri, kadang bapaknya nyuruh suka di bantah… mau gak mau lek kus lagi yang nganter mpu sana-sini. Mpu juga lebih seneng kalo lek kus yang nyetir. Jadi selama masih ada lek kus, tak akan memerlukan orang lain lg.

Lek kus jg gak bisa bilang gak mau tiap mpu minta tlong. Bahkan kadang lek kus lagi sakit dia paksain buat nyupir, soalnya Mpu orangnya keras, gak bisa di bilang ‘gak’, harus ‘ya’ buat pa yang beliau mau/suka.

Makin lama, dia makin biasa di keluarga gw, bahkan dia bisa ngomong bali dengan lancarnya (dia orang jawa). Dia orang nya asik, suka becanda, gak ngebosenin deh kalo ada dia. Kalo ada acara atau di rumah lagi sibuk, dia pasti ikut bantuin… pokoknya udah kayak keluarga sendiri.

Sebenernya gw tau, lek kus tu terkadang berat buat nyupir mobil bokap gw, soalnya Mpu super sibuk, namanya juga orang bali, sibuk satu, yang lain mau gag mau harus ikut nyari kesibukan. Mana sodara2 gw jauh2 lagi, ada yang di Bandar Jaya, Tulang Bawang, Banjit, Jakarta, Bahkan Bali masih di jabanin. Maka nya dulu kalo gw di suruh buat nyari lek kus ke rumahnya, gw agak-agak ngeri, soalnya gw tau terkadang lek kus lagi males atau capek, tp dia tetep gak bilang gak bisa, tapi tetep aja gw bisa gerti ekspresi dia. Bahkan dia pernah cerita ke gw, katanya kalo dia lagi males dimintain tolong ma temen-temennya, dia pasti bilang mau nganter Mpu pergi, padahal si gak, hehe’ ada-ada aja dia. Orang-orang tu udah tau keputusan Mpu gag bisa di ganggu gugat. Jadi gak ada yang bisa nyetop lek Kus buat nganter Mpu.

Pernah dia lagi sakit, trus Mpu ada perlu dan harus berangkat saat itu juga. Padahal Lek Kus udah bilang kalo dia lagi sakit dan gak bisa nyupir, tp Mpu tetep maunya Lek Kus yang bawa mobilnya, sampe lebih dari 3 orang di utus buat manggil lek kus, akhirnya dipaksain ma lek Kus buat nyupir.

Saking seringnya nganter Mpu, lek Kus tu sampe apal tempat2 saudara gw, bahkan apal sama bunyi genta (alat persembahyangan) nya Mpu. Jadi kalo Mpu lagi sembahyang, lek Kus bisa bersantai ria dulu, terus kalo udah mau selesai, ada kode suara genta yang mengingatkan lek Kus kalo acara udah mau selesai, dan lek Kus tinggal nyiapin mobil deh buat brangkat, hebat kan, bahkan anak2nya Mpu aja gag ada yang ngerti.

Gw mulai ngerepotin lek Kus tu waktu gw lulus SD, Pas gw SMP gw disuruh skula di kota ma Mpu, dan sesi pertamanya, Gw numpang di rumah orang yang sama sekali gag gw kenal. Tiap minggu gw slalu pengen balik, trus brangkatnya minta di anterin ma Lek Kus. Padahal gw gag enak juga, tp Biang yang sering nyuruh Lek Kus buat nganterin gw. Pas SMP, lebih dari 5x gw pindah kost, gimana lg kalo gak pake mobil ngangkut barang-barangnya, lagi-lagi lek Kus yang bantuin, Jadi dia tu tau persis perjalanan hidup gw dan sodara2 gw yang lain.

Pas SMA juga gitu, pindah sana sini. Sampe pas udah mau kelulusan, ada suatu hal buruk yang terjadi dan gag bakal gw inget lagi, pengen nya si gitu, tp keinget teruzzz.. dan setiap inget hal itu, emosi gw selalu menanjak hingga sampai ke puncak. Hal itu dilakukan ma sodara gw sendiri (tp sekarang bukan siapa2 bagi gw, ogah aja gw punya sodara kayak dia). Di suruh kuliah, dikasih motor, dikasih duit, eh.. malah nyewong. Diem-diem menjalin cinta di luar kuliah, padahal dia ngambil jurusan Agama Hindu, tapi kok orang lain sering liat pake jilbab?? Aneh gag tuh?? Ternyata pacarnya adalah orang Lampung, muslim… ya gw sii Bodo Amad, tp scara ortunya ulama Agama, truss dia sndri ngambil jurusan Agama, eh kok malah minta kawin dan pindah agama, wanita jalang macam apa itu??

Dia sodara gw yang cewe, anak no.5, Liar dan Amburadul. Gw sii bodo amat dengan hidup dia, mau nikah ma siapa bukan urusan gw, masalah agama, itu kan hak dia.. tp dia gak berhak buat bertindak se mena-mena ma keluarga gw.

Apa sangkut pautnya sama lek Kus??
Gini ceritanya : lek Kus kan pernah nyaranin Mpu buat beli Truk, biar bisa dipake muat hasil tani, biar nanti lek Kus yang nyupir. Eh, ternyata Mpu malah beli Mobil Pick Up. Mpu bilang mobil itu sengaja di beli buat di bawa muat atau ngampas sama lek Kus. Nah.. one upon a time alias suatu ketika, Lek Kus lagi ngampas (nyetor kelapa ke warung2) bareng Mbak Made (mbak gw, anak no.2). kebetulan di daerah suaminya si Perempuan Liar (PL) itu. Karna mereka gag apal ma daerah itu, si Made minta tolong ma si PL buat nunjukin warung2 terdekat… eh, org lagi di tungguin, dia malah bersante-sante ria ma suaminya yang lemot and leboy abiezt. Trus Made ngmong ke PL : “yaudah, kami duluan aja, ntar lo nyusul ya”

Berangkatlah mereka duluan. Di waktu Made lagi ke warung, lek Kus nunggu di mobil, dengan tiba-tiba ada sesosok kuntilemak (udah bukan kuntilanak lagi) datang dan ngegedor kaca mobil, trus ngomong gini ke Lek Kus : “heh..! km tu siapa? Udah minta tolong, main tingal-tinggal aja! Kalo emang modal beli mobil sendiri donk, jangan bawa mobil orang! Tunggu ya…” trus dia kabur. Lek kus bingung, apa coba maksud si kuntil itu?? Tiba-tiba dia dateng lagi, tp kali ini disertai dengan makhluk yang lebih aneh lagi, genderuwo tp badannya kerempeng, kering dan ceking, tinggal dilem pake kertas truss tambah benang aja tuh buat di jadiin layang-layang. Ternyata makhluk aneh itu (Genderuwo ceking / GC) suaminya si kuntil alias PL, trus tiba2 narik lek Kus dan nodongin pisau ke Lek Kus, trus ngomong gini : “udah lama saya itu nahan-nahan”. Lek Kus tambah bingung lagi, nahan-nahan? Apa makcudnya..?? gila gag tuh makhluk???

Made pun ngeliat sepasang makhluk aneh yang tak terkira sedang menghantui lek Kus, dengan ligatnya dia lasung nyamper dan nabok si Jantan, “ apa maksud km, hah? Kalo kamu emang ngormatin saya, bukan gini caranya, kamu mau cari masalah? Jangan macem-macem km!!” sedangkan si betina hanya terdiam dan meratapi si jantan yang sedang di caci maki sama Made. “yok lek, kita pergi aja. Ngapain ngurusin orang gak punya otak kyak mereka!” kata Made.

Orang warung yang juga kenal sama Mpu dengan ligatnya langsung nelpon Mpu, trus bercerita dengan serunya mengenai pertikian yang sedang terjadi, dengan segera Mpu langsung Murka bak Sang Rama saat ingin menghancurkan rahwana, bagaikan mahasiva yang membakar hangus dewa cinta dengan mata ketiganya. Mpu langsung manggil wayan, dan menyuruhnya untuk segera ke TKP, “coba ambil tali, iket tuh si PL dan si GC, di gantung sekalian biar mampus, semua orang yang ada di mobil itu adalah Mpu sendiri, jd itu sama saja melecehkan Mpu”. Kira-kira begitulah nti pesan dari Mpu terhadap utusannya si Wayan.

Huh.. gimana? Kesel kan lo ngebacanya!! Gw aja ngetiknya sambil banting tulang. Kesel abis gw… coba pas kejadian itu ada gw, atau kejadian itu terjadi sekarang, gak bakal gw beri kesempatan dua makhluk itu buat menghirup udara kegembiraan lagi.

Dari situ gw mulai gak perduli bahkan gak nganggep mereka lagi. Kalo masalah yang lain2 si gw masih bisa bodo amad, tp ni bener2 bikin gw kesel setengah skarat. Gw yang begitu menghormati lek Kus tapi kok dia yang cuman gw anggep sampah brani-braninya berlaku seperti itu.

Lek Kus sampe ngomong ke made, “ tolong jangan kamu ceritain ke orang rumah, saya malu de..!” entah gimana perasaan lek Kus pd waktu itu. Orang yang udah dia anggep saudara sendiri, yang orang tuanya udah di anggep orang tua lek Kus sendiri. Tp kok bisa-bisanya kayak gitu ke lek Kus. Sedangkan gw aja bener-bener ngormatin lek Kus, udah lebih dari saudara gw sendiri. Lebih dari 10 th lek kus udah masuk ke keluarga gw dan semuanya ngehargain lek Kus. Tapi dia (si GC) siapa?? Belum ada sebulan nikah ma si PL udh bertingkah seenaknya. Mending kalo keluarga gw pada nerima dia, ngakuin dia jadi sodara aja jijai ogah.

Padahal sebelum kejadian itu, ada suatu hal yang mestinya mreka ber2 inget. Si PL pernah hampir mati karna keguguran, pada waktu itu pula yang nolong dia adalah lek Kus yang nganter ke RS dan istrinya yang nungguin. Bruntung sekali dia waktu itu di tolong ma lek Kus, kalo gak pastinya dia udah tewas mengenaskan, dan bagi gw itu hal yang baik buat dia, biar gak menimbulkan dosa yang lebih banyak lagi, hahaha… tau gak, pas di rumah sakit, pas lagi makan, yang punya acara bukannya ngebayarin eh malah minta dibayarin, gak tau malu ya…. Seharusnya mereka mikirin kejadian itu, seharusnya yang keluar dari mulut mreka tu kata Terimakasih, bukan cocot-cecet yang gak penting dan biking w makin eneg ke mereka.

Selain tu, ada lagi masalah lain, Mpu kan masih punya ladang, tp gag ada yang ngurus.. scara anak2 nya udah pada nikah, sisanya masih sekolah and kuliah, ngerti juga kagag masalah ladang berladang. Gak ada lagi selain lek Kus yang di serahin. Masalahnya, kalo salah satu dari anaknya Mpu yang udah nikah di suruh ngurus, ntar yang lainnya ada yang iri. Ngandelin abang gw jg Mpu gak bisa, dia kan udah punya ladang sendiri. Dia orangnya gag mau begitu perduli sama apa yang bukan urusan dia. Begitu gencarnya lek kus ngurus ladang, sampe’ di kasih pupuk kandang / alias kotoran hewan alias tahhi (asli lho dari kandang langsung) wkwkwk…
¼ Hk juga di urus sama putu, suaminya ketut (mbak gw, anak no.4) tp tiba- tiba 2 ekor makhluk itu minta sama Biang buat ngurus ¼ hk itu. Karna Biang gak mau dibilang pilih kasih, yaudah deh.. dikasih!

Nah, karena gak puas hanya mengurus ¼ hk, matanya jereng pengen ngerebut yang laen. Beberapa orang nanya ke 2 ekor makhluk itu, “kok ladang yang lain bukan kamu yang ngurus?” dan dengan kejinya mrekapun menjawab: “orang udah dikasih anak kesayangnnya”. Maksudnya si mreka nyindir Lek Kus, dan ternyata lek kus ngedengar hal itu, lek Kus jadi males dan gag mau ngeladenin 2 makhluk itu lagi, yaudah lek Kus serahin Ladangnya ke Mpu lagi, dia gag mau ada masalah lagi. Hah.. makhluk itu memang mengesalkan ya..! baik nya diapain ya..?? Mmmm……

Tau gag, setelah lek kus angkat tangan ma ladang tu, ternyata ladang tu gag diserahin ke makhluk aneh itu, enak aja die.. ngarep!! Trus karna ngrasa tanggung cuman ngurus ¼ Hk doang, akhirnya mreka lepasin juga tu ladang. Emang dasar mreka sirik aja ma lek Kus.

Suatu hari, di sidorejo ada yang ngaben (kalo gag salah skitar bulan july ’08), Mpu ma Biang ke sana, lek Kus disuruh nganterin. Kebetulan gw lagi di rumah, udah kelulusan. Wktu tu gw lagi nunggu pengumuman hasil test di ITB Bandung. Trus lek kus minta gw buat ikut, nemenin dia. Pas sampe di sana, sambil nunggu Mpu ma Biang, gw ma lek Kus ngobrol2, dia cerita banyak ke gw. Mengenai apa yang gw tulis sekarang ni, bahkan mengenai masalah pribadi dia, masalah dia ma istrinya, masalah anaknya (dedy), dan juga masalah kuliah gw nanti.

Baru waktu tu ada orang yang mau cerita2 lepas kayak gitu ke gw. Sebenernya yang bikin gw males balik ke rumah tu karna gw ngerasa gag ada orang yang mau cerita-cerita ma gw, gw ngerasa gag da orang yang ngebutuhin gw, mungin karna bidang gw yg berbeda jd mereka ngerasa gak punya keperluan sama gw, atau karna gw jarang kumpul ma mereka. Entah lah, gw juga gag tau.

Di situ dia bilang bener2 berat nerima masalah yang dia terima akibat ulah si PL ma si GC. “ “Hampir seminggu saya tu bengoooong truzz pak Dek, kadang saya nangis. Males mau keluar rumah, malu. kenapa ini bisa terjadi sama saya. Padahal dia udah saya anggep adek saya sendiri. Saya malu sama bapak kamu. Dari situ saya gag mau bawa mobil pick up itu lagi.” Itu beberapa kata yang gw inget yang lek Kus bilang. Gw gak bisa ngomong apa2, sebenernya gw yang lebih malu ke dia. Baru kali ini gw ngerasa malu yang tak terkira tu sama lek Kus. Gw gak bisa bayangin giman kalo gw yang jadi dia pada waktu itu. “Sebenernya bisa aja saya hajar dia pas dia nodongin pisau ke saya, banyak orang dateng ke rumah saya pengen ngebunuh dia, tapi saya mikir, dia itu mantunya Mpu, yang udah saya anggep orang tua saya sendiri. Biar saya aja yang ngalah, saya gak mau ngebesarin masalah ini.” Sambung nya. Sebenernya mereka tu cuman iri aja sama lek Kus, mereka pengen bawa mobil pick up trus ngurus ladang yang di urus lek Kus, emg dasar bajingan mereka tu.

Dari situ gw makin deket sama lek kus. Gw makin tau gimana dia sebenernya, gimana pandangan dia terhadap keluarga gw. Dia juga makin perduli sama gw, yah.. walaupun bidang kami beda, tapi kami saling menghargai. Gw seneng kalo bisa ngobrol2 sama dia. Sebisa mungkin gw lakuin yang terbaik buat dia, wlaupun gw gag bisa apa2, walaupun gw belum berpenghasilan. Senggaknya bisa akrab ma dia gw udah seneng. Gw cuman pengen nebus kesalahan yang ada karna ulah keluarga gw termasuk gw sendiri. Mungkin sodara2 gw bingung, kenapa gw gitu banget sama lek Kus. Yang pasti gw seneng bisa kenal dia. Gw cuman pengen bilang “Maaf” ke lek Kus, tp gag cuman sekedar dengan kata-kata.

Entah apa yang bisa gw kasih nantinya. Dia pengen gw nganggep dia sodara gw sendiri, dan gw juga gitu. Gw gak pengen cuman karna udah gak ada mobil lagi di rumah, truzz berlalu gitu aja, gw masih punya utang sama dia. Dan gw juga punya harapan, gak cuman sekedar buat keluarga gw, tapi juga dia.

“Nanti kalo kamu jadi kuliah di Bandung, saya ada sodara di ciamis, kamu tinggal di sana aja, pak Dek!” dan ternyata gw gag dapet di Bandung. Gw dapetnya di UGM Jogja, hari pertama gw sampe di jogja, 5L (letih, lemah, lelah, lesu, lunglai) banget dah gw. Yang pertama inget buat nelpon gw (kecuali Mpu) adalah lek Kus. “ Halo.. gimana, udah dapet kost belum? Enak gak Jogja? Udah punya temen belum disana? Pak Dek, saya punya sodara di sana, kamu main kesana aja, bilang sodara dari lampung!” tu percakapan yang gw inget waktu itu.

Dari situ lek Kus rutin banget nelponin gw, yah.. walaupun gag ada kepentingan, dan berbeda bidang, tapi lek Kus mau nelponin gw. Pertaannya gak lepas seputar, lagi ngapain, udah makan blum, udah punya cw blum, udah mandi blum, dan lain-lain. Dan ini juga yang pernah dia bilang waktu nelpon gw : “gimana kabarnya pak Dek? Saya ngedenger suara kamu aja udah seneng itu berarti kamu baik-baik aja.”

Pas gw liburan semester (juni-july ’09) kemarin, gw main ke rumah lek Kus. Katanya Dia mau cari lahan di jambi. Dan pastinya perlu waktu lama biar bisa balik modal. Trus gw bilang ke dia, “ngpain to lek harus ke jambi, kan jauh… ntar jarang ketemu deh.. kenapa gag beli lahan di sini?”
“kalo di jambi tu lahannya murah banget pak dek! Jadi bisa sekalian punya lahan banyak. Sedangkan kalo di sini, lahan udah mau abis, mahal, untuk kehidupan sehari-hari si masih bisa, tapi kan makin lama saya makin tua, anak makin besar. Kalo saya diam aja, apa yang bisa saya wariskan nantinya? Saya juga pengen bisa bantu biaya kuliah kamu..pak Dek!!”. Ternyata dia emang perduli sama gw (pikir gw dalam hati). Yaudah deh.. smoga ini jalan yang tepat buat dia.

Jadi lo bisa nilai sendiri dah… bahkan bagi gw dia lebih dari saudara-saudara gw yang lain. Kadang aja dia ngirimin gw pulsa. Tiap gw pulang, pasti gw maen ke rumahnya, bahkan kadang nginep. Kalo lagi sama dia, kerasa banget perhatian yang dia kasih keg w, pokoknya beda deh, gw juga bingung ngungkapinnya. Entah apa yang dia maksud, kenapa dia mau perduliin gw, tapi tu bukan hal penting buat gw, selama ada orang yang mau perduli bahkan perhatian sama gw, pasti gw bakal kasih lebih dari itu. Begitu juga kalo ada orang yang bisanya bikin masalah dan gak ngehargain gw, gw juga bisa kasih yang lebih dari itu ke orang tersebut.

(ini Foto anaknya, vicky. Gw sayang banget ma dia!)

Gw yakin tiap orang dalam hidupnya pasti punya tokoh inspirasi, pasti punya orang yang dia sayang dan seneng banget rasanya kalo bisa bareng sama orang yang kita sayang tersebut. Yang gw maksud adalah dia di luar orang tua dan pacar kita. Begitu juga dengan gw, Lek Kus adalah salah satu tokoh inspirasi nyata gw...



Dari dulu gw nyari orang yang bisa deket sama gw yang udah punya pengalaman banyak msalah hidup, gw seneng bisa belajar bnyak dari dia. gw suka kepribadian dia, gw menghargai kehadiran dia, dan gw malu dengan masalah yang dia hadapi karna keluarga gw... malu...
It’s truely that I have much love for him!


Aku mengenal Mu tak cukup lama
Separuh usia ku
Namun begitu banyak pelajaran yang aku terima

Kau membuat ku mengerti hidup ini
Kita terlahir bagai selembar kertas putih
Tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai

Segala kebaikan tak kan terhapus oleh kepahitan
Ku lapangkan resah jiwa
karna kupercaya kan berujung indah
(padi)

1 komentar:

Kadek Baskara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.