"Wellcome To The Crazy Blog, Sekedar Coretan Dari Shade!" Shade-Lawar: LIBUR SMEST II

November 27, 2009

LIBUR SMEST II

21 Juni ‘09
Hari ini udah mulai libur, baru abis ujian semester 2. tadinya si gw pengen maen ke bali, tp gak tau knapa pengen pulang ke Lampung. libur kali ini lumayan lama, hampir 2 bulan. sedangkan masa kost gw abis di bulan july dan gw baru balik lagi ke Jogja skitar awal Agustus. gw ma tmen2 kozt udah di usir, katanya bulan july, kost harus dikosongin, jadi gw berinisiatif mindahin barang2 dulu sebelum balik. Tapi gimna, gw kan belum nyari kost baru. Akhirnya gw titip di kost temen aja, trus pas ke jogja lg baru gw cari kost baru. Pokoknya gw udah gag sabar pengen balik. Padahal si di kampung gw pengangguran, gw cuman pengen santai, ngilangin beban kuliah untuk sejenak.
Langsung aja gw berangkat, rencana naik kereta. Jam 4 gw brangkat ke stasiun, ternyata nunggu bus nya lumayan lama, pas sampe di stasiun, ternyatanya lagi kreta progo yang mau ke jakarta udah brangkat. Akhirnya gw nunggu kreta yang dari surabaya ke jakarta, kereta dateng jam stengah 7, orang2 berbondong2 pada naik, rebutan gitu, sampe gw gag bisa masuk. Pas gw liat ke dalem, bushett.. ternyata penuh bangett. Gimana mau dapet tempat duduk, mau masuk gerbong ja gag bisa, scara ekonomi gitu loh… akhirnya gw berdiri di samping pintu, dan tu sampe Jakarta.. bayangin aja, samping pintu gerbong yang kebuka, berdiri tanpa bisa duduk sama sekali, gila gag?? Pokoknya kaki gw udah gag kerasa apa2. Mana ngantuk lagi. Weh..weh..weh.. gak lagi-lagi deh naik yang dari Surabaya.

22 Juni ‘09
Sampe Jakarta skitar jam stengah 6 pagi, dari situ langsung aja ke pelabuhan, nyebrang laut, sampe’ deh di Lampung. Karna udah agak sore (skitar jam stengah 6), gw gak langsung ke kampung, gw mampir dulu ke Kost gw yang dulu di Bandar Lampung, rencana besoknya ru gw balik kampung. Adek gw bilang katanya besok Mpu ma Biang mau pergi ke Bandar Jaya, Sepupu gw (Pasek) mau nikahan. Wah kebetulan nih gw bisa hadir, yaudah gw langsung bel Mpu biar mampir dulu ke kost trus gw bisa ikut.

23 Juni ‘09
Pagi-pagi sekali Mpu dateng, siap brangkat dengan penuh semangat, pas gw masuk mobil, eh.. ternyata di dalem mobil ada 2 makhluk aneh beserta anaknya. Wah.. gw langsung malez.. bête… eneg.. lemez.. pokoknya nyampur deh smuanya. Ngapain coba mreka pake ikut (tau kan siapa yang gw maksud?), anehnya tu kok mereka gak malu gt lho…di acara nikahan kan udah pasti rame, sodara gw pada kumpul, atau mungkin karna mereka cuman pengen mamerin anaknya doank?? Tau gitu mendingan gw brangkat sendiri aja. Gw juga pengennya bodo amat sama dua makhluk itu, tp gak bisa.. bawaannya emosi terus. Mana yang nyupir mobilnya udah bukan lek Kus lagi!!!
Pas di tengah jalan, HP gw bunyi, gw liat lek Kus nelpon. Gw sengaja gak ngasih tau dia kalo gw balik. Pas dia nanya lagi ngapain, gw bilang Aku udah di lampung Lek..! ni lagi mau ke dharma ma Mpu ma Biang. Dia kaget, “kok kayak gitu gak ngasih kabar lho…??”. Terus gw bilang, “pulsa Ku abis lek, orang lek Kus gak ngirimin pulsa!” dia jawab “orang kamu gak ngomong!”. Maksud gw sii cuman becanda, eh malah dikirimin pulsa beneran.
Pas nyampe di Dharma, weh.. ternyata udah rame. Sodara gw pada ngumpul semua. Di sana udah ada Gd aranjana, Gd yadnyana, Putu supita, pokoknya Spupu gw yang seumuran ma gw, mereka udah pada beda, lama gak ketemu. Di sana cuman hari itu doank, selesai acara langsung balik. Gw juga udah pengen bersante di kampung.
Pas udah sampe kampung, kok sepi… yah, emang sebenernya gitu sii.. tp gak apa2, gw cuman pengen santé di liburan ni, gw pengen ngelupain kesibukan kuliah for a minute. Gw kangen sama ponakan-ponakan gw. Gw bawa beberapa oleh-oleh buat mreka, hehe’ anaknya mbak gw Ketut Yani si Evi makin gemuk aja, mana malah takut lagi sama gw.
Awal2nya di kampung tu gw pokoknya bersante abis, bangun aja di atas jam 9, mandi, trus sarapan, trus nonton tv, trus kdang tidur siang, trus mandi, trus nonton tv lagi, trus tidur. Paling kesibukan gw di siangnya tu bantuin Mpu ngerajah, libur kali ini ngerajahnya banyak bangett, secara orang yang meninggal banyak. Trus Malemnya baru gw kluar, pengen nyapa temen2 di sana. Gw emang gak seberapa akrab ma mreka. Tapi di liburan ini makin lama gw makin akrab ma mereka.

24 Juni ‘09
Pagi ini gw bangun sekitar jam 10, wah itu sih udah siang… (pagi pertama gw di kampung) ternyata pagi ini ngebosenan juga. Abis mandi langsung sarapan truss nonton tipi. Sorenya gw pengen maen ke rumah lek Kus, pas udah ke sana, ternyata rumahnya kosong. Trus gw telpon, katanya dia lagi di rumah sodaranya, ada yang sunatat. Dua hari lagi baru dia balik, yaudah akhirnya gw beli mie ayam aja.

25 Juni ‘09
Sebenrnya Gw lupa tangal brapa, kalo gak salah sih sekarang ini, pokonya skitar 3 hari setelah gw sampe di kampung, sepupu gw yang di Gendot (Yan Tawan) nikahan. Gw pengen tau gendot kayak gimana dan gw juga udah lama gak ketemu sama Yan tawan, jd gw ikut deh kesana. Waktu tu brangkat bareng Mpu, Ptu Kaste, Yan Diat, Mang Arje, ma Bli wayanMuz. Brangkatnya subuh biar nyampe sana gak kesiangan. Bhusett, ternyata gendot lumayan jauh. Trus daerahnya juga masih pegunungan gitu, Masuk ke dalemnya lebih dari 20 KM. mobilnya aja gak bisa masuk ke dalem, sebenernya sih menurut gw bisa, cuman supirnya yang pengecut, mungkin dia gak biasa bawa mobil ke daerah kayak gitu. Sampe semua orang ngomong, coba aja lek Kus yang bawa, pasti gak bakal serepot ini. Yaudah, terpaksa ganti mobil yang kuat tapi sayang lebih kecil jadi cuman muat 4 orang, 2 orang lagi (mang Arje ma Yan Diat nyusul). Weh.. pokoknya badan gw pegel2. Tapi gw suka tempatnya asik, sejuk dan masih ada hutan alaminya. Gw ja pas lagi mau mandi ma abang gw, nemu babi hutan, katanya sih di sana emang masih banyak babi hutannya. Scara orang-orang setempat hampir serupa sama babi hutan, hahaha… Sorenya pas selesai acara, langsung balik lagi. Yang kasian rombongan yang bawa motor, (wengah Tamu, Mbak gw no.3 ma anak n Suaminya, Made wahyune ma bininya) rencananya si mereka mau motong jalan, tapi lewat jalan tanah trus naik turun gunung gitu, eh.. pas udah di tengah jalan, mereka kehujanan. Mau muter balik lagi juga udah tanggung. Jadi perjalanannya penuh perjuangan dan penderitaan gitu. Jatuh beribu-ribu kali. Sampe mereka kapok gag mau ke gendot lagi, haha’ tapi gak pa-pa, biar ada cerita seru sepulang dari sana.

26-27 Juni ‘09
Rasanya hari ini gak ada yang special. Berlalu gitu aja…

28 Juni ’09
Tadi malem lek Kus nelpon gw, katanya besok pagi dia udah balik, gw disuruh maen ke rumahnya. Sorenya gw kesana, tapi dia lagi ngarit, sambil nungguin dia gw nonton tipi, eh malah ketiduran. Sampe kemudian ada yang mgebangunin, ternyata lek Kus. Terus dengan tiba-tiba dia ngambil kontak motor gw dan pergi gitu aja. Ternyata dia ngebeli ikan lele, katanya sih buat di panggang. Trus ngobrol-ngobrol bentar, pas udah agak malem, dia nangkep ayam skitar 3 ekor. Trus ngajakin gw manggang, emang ada-ada aja dia. Pas lagi asik manggang rame-rame ma anak dan istrinya, eh.. komang nelpon, katanya malem ni mingguan. Pake bilang disuruh balik ma Mpu lagi, sipek aja tuh si Bigbink. Gw lupa kalo hari ini hari minggu. Jadi gw harus balik deh, mau mingguan, padahal belum selesai manggang. Trus gw disuruh bawa satu ekor ayam yang udah mateng, hehehe’

29 & 30 Juni ‘09
Rasanya hari ini gak ada yang special. Berlalu gitu aja…

1 July ‘09
Malem ini waktunya muda-mudi rapat bulanan (satuan). Bruntung gw punya kesempatan buat bisa hadir, secara gw mau bayar utang, dijamin pastinya banyak bgt, hehe.. gw kan pemuda yang paling jarang ikut satuan. Satuan berlalu gitu aja, cuman terjadi sedikit masalah terhadap bendaharanya. Beberapa hari lalu dia bilang mau pergi ke tangerang buat kerja, jadi muda.mudi pada berembuk dan sepakat buat ganti bendahara, tapi ternyata udah beberapa hari si bendahara ini gak juga berangkat, jadi pas satuan kemaren ngebahas baiknya gimana, dia yang jadi bendahara lagi atau gimana. Sempat sedikit panas juga antara si bendahara sama ketua muda-mudi. Si bendahara ini orangnya keraskepala juga, sampe gw juga kesel waktu itu, tapi yaudah lah, gw gak bisa ber-comment, secara gw gak ngerti apa2, gw kan jarang kumpul..
Sekitar seminggu kemudian, di kampung gw musim layangan. Wah.. gw paling suka maen layangan. Gw langsung bikin sekitar 3 buat ponkan-ponakan gw. Jadi tiap sore udah ada kerjaan tambahan, yaitu main layang-layang, hehe..
Trus tiap malemnya pas lagi kumpul ma temen2, mereka pada ngajakin bakar jagung. Weh.. asik deh. Kadang juga nyari ubi malem2 di ladang orang entah siapa yang punya.
Sampe pernah pas lagi mau nyari ubi malem2, di jalan ada ular namanya ular olang-aling kalo orang bali bilangnya, ngehadang perjalanan kami, kami ber lima (gw, Jaye, Ukir, Andik ma Kasto). Gw boncengan ma Andik n jaye, yang nyetir si andik, sedangkan dia takut banget ma yang namanya ular. Sampe pas ular lewat depan motor, dia langsung ngeber alias tancap gas sekebut mungkin sampe gw hapir jatoh. Trus tu ular di timpukin ma si Ukir sampe loyo. Lucunya lagi pas si andik n ukir lagi nyari ubi, gw lagi ngintip burung, si kasto n jaye nungguin di deket motor, agak jauh dari motor dan agak jauh juga dari gw, tiba2 si kasto teriak histeris bangett… gw super kaget, trus gw liat, si kasto tiba2 udah di atas motor dan si jaye tiba2 udah di samping gw, gw ketawa terpingkal-pingkal plus ngekek abis… dengan waktu yang amat singkat, bahkan hampir melebihi kecepatan rambat cahaya, mereka bisa berpindah dengan jarak yang lumayan jauh. Sumpah, waktu tug w bener-bener ketawa lepas tak tertahankan. Katanya sih ada yang merayap di kakinya kasto, hhahaha.. pokoknya tu yang gak bakal kelupa ma gw, mungkin kalo diceritain ulang kurang lucu, tapi kalo lo yang ada di posisi gw, pasti bakal ngekek abis deh… Hari berlalu monoton gitu terus..

29 July ‘09
Hari ini gw nganter ponakan gw (Gd Diksa) skolah, dia sekolah siang, jadi sambil nunggu dia pulang, gw maen ke rumah lek Kus, tapi ternyata lek Kus gak ada, kata istrinya dia pergi ke Jambi ma Putu Kaste and Bli Ngah Suake. Katanya si mau nyari lahan di sana, tapi kok lek Kus gak bilang-bilang ya.. akhirnya gw maen2 ma anaknya yang kecil deh sambil bakar jagung, terus tiba2 Yan Diat dateng katanya gw disuruh balik sama Mpu, padahal si Diksa belum balik dari skulah, akhirnya gw tinggal deh dia, dan dia jalan kaki balik nya, haha.. paman yang kejam. Pas udah sampe rumah, ternyata gw disuruh ngerajah, banyak banget lagi. Huh…kirain disuruh ngapain. Terus terang, gw tu paling gak seneng ngerajah, soalnya ribet banget ngegambar di kain, kalo di kertas sih Oke-oke aja.

30 July ‘09
Pagi ini muda-mudi bikin Penjor buat tangal 1 besok hari raya Saraswati. Gw sebenernya gak seberapa bisa bikin Penjor, hehe.. trus di ajarin deh ma temen2. Pas lagi asik bikin penjor, lek Kus nelpon,gw disuruh maen ke rumahnya, tapi dia nunggu di rumah pak Kades, ternyata dia mau ngeprin di rumah pak Kades dan printernya rusak. Dia minta tolong gw buat benerin printernya.

31 July ‘09
Hari ini gw ma adek gw metatah (potong gigi). Weh.. ternyata metatah tu repot juga ya.. mesti ngunyah berbagai dedaunan, mana pahit banget lagi, trus lidah, jidad, dan udel di tulisin huruf kawi gitu. Tapi asik juga, yang penting salah satu tugas sebagai umat hindu terselesaikan.

1 Agust ‘09
Hari ini hari suci Saraswati, Tapi gak asiknya, gw dan adek gw disuruh make pakaian metatah lagi, weh.. malu banget gw padahal. Tapi yasudahlah.. Pas selesai sembahyang Bareng, gw ma kawan2 berencana mau maen ke simpang, ke water Boom. Tapi malah gag jadi.

2 Agust ‘09
Hari ini kami umat hindu di kampung gw dan yang di sidorejo bareng2 brangkat sembahyang ke laut, sayangnya laut yang dipilih malah pantai selaki, uh.. padahal tu pante udah gak bagus lagi. Buat berangkatnya pesen 2 bus khusus buat muda-mudi. Perjalanan asik banget, becandaan rame2 sambil denger musik2 aneh.. asiknya kumpul ma tmen2 bali tuh becandanya gokil2, secara bahasa bali bahasa yang paling indah yang pernah gw kenal. Sebelum mulai sembahyang, gw ma Ukir dan Jaye beli petis dulu, trus ada segrombolan wisatawan local lagi poto2, langsung aja gw panggil trus gw minta poto bareng mreka dan tmen2 gw. Ternyata mreka dari metro. Si ukir ma jaye malah malu, belum tau dia kenarsisan gw.
Pas udah pulangnya, gw langsung maen layangan, gw inget ma lek Kus, biasanya kalo lagi jalan2 buat sembahyangan Saraswati pasti lek Kus ikut, tapi kali ini gak. Trus gw telpon dia, kok gak ikut ke laut, dia bilang dia lagi pergi ke metro buat bayar kredit motor. Trus dia minta kueh sisa hari raya, yaudah gw bilang ntar malem gw ke rumah dia. Trus dengan diam2 gw ngumpulin kueh dan buah sisa sesajen, lagian di Griye gak ada yang makan, hahahaha… Pas udah malem gw mau ke sana, ternyata di Griye ada sembahyangan mana mati lampu lagi, jadinya gw gak jadi ke rumah Lek Kus, padahal katanya dia nungguin sampe ketiduran, hehe…

3 Agust ‘09
Sore ini baru gw maen ke Rumah lek Kus, pas lagi ngobrol-ngobrol, jempol kaki gw yang kanan gatel abiest, gw garuk sampek titik keringet penghabisan, eh.. gatelnya malah nambah parah, truss gw ambil kontak motor, gw garuk aja pake tu kontak, eh.. malah bulu di jempol kaki gw kecabut, tapi gatelnya ilang.
Pas udah malem, si Dedy (anaknya) disuruh beli burung perkutut, gak tau tuh buat apa, eh.. ternyata buat di goreng biar gw mau makan di sana. Udah selesai makan, gw kok males balik, lagi asik ngobrol2, sampe gak kerasa udah malem, pas gw mau balik gak boleh sama Lek Kus, gw disuruh nginep disana aja, yaudah deh gw nginep, padahal gw blum bilang sama Mpu mau nginep, gw kan jarang2 nginep.
Pas udah mau tidur, si ukir ngirim sms, “cuy, lo kok gak satuan?” katanya gitu, wah gw lupa kalo sekarang tu gantiin hari satuan, kan pas tanggal satu kemaren hari raya, jadi di ganti hari ini. Padahal dia udah ngingetin sebelum satuan, tapi sms-nya nyampe skitar jam 10 malem, emang dasar di kampung tu signalnya susah.

4 Agust ‘09
Pagi ini pas baru bangun, Biang nelpon. Beliau nanyain gw di mana, ternyata dari tadi malem tuh gw di telponin gak bisa-bisa, kawan gw bilang ke biang kalo gw gak satuan, jadi gw kemana? Biang rada panic gitu. Trus gw bilang, nginep tempet lek Kus. Orang biasanya gw maen sampe malem gak ada yang panic, kadang gw balik semua udah pada tidur, jadi pas gw mau nginep ya mnurut gw gak perlu bilang lagi, hehe…

5 Agust ‘09
Pagi ini, pas baru bangun jempol kaki gw ngenyut tak tertahankan. Pas gw liat, wah… kok bengkak banget?? Truss kayak ada nanahnya gitu. Wah.. gawat nieh.. trus gw inget-inget, kayaknya gw kena karma. Kemaren pas gw maen kerumah lek Kus, gw kan ngeremehin luka dia yang di kakinya. Eh, sekarang gw kena juga. Pas gw obrolin ke orang-orang, ternyata katanya tu karna bulu jempol kaki gw kecabut. Padahal sebelumya gw gak percaya, masa cuman gara-gara bulunya kecabut bisa bikin koreng separah ini!! Dan sampe gw berangkat ke jogja, ni koreng gak juga sembuh.

6-11 Agust ‘09
Huft… rajahannya banyak banget, walaupun gw cuman ngerajah cuman dikit sih, hehe.. ada 3 tiga orang yang mau ngaben, jadi di Griye super sibuk. 1 orang yang ninggal tu dari kampung gw, di pojok rumah gw, jadi masyarakat di kampung gw juga pada sibuk. Saking banyak nya rajahan, gw sampe gak sempet buat main layangan.

12 Agust ‘09
Ngerajah ampek malem, sampe gw gak mandi. Trus gw disuruh ngeprin ratusan lembar kober (bendera kecil yang berisi tulisan kawi penunjuk jalan menuju tempat ngaben), satu lembar tu berisi 3 kober, mana tinta printernya abis lagi, repot deh… Trus pas udah selesai ngeprint, gw minta tolong 2 ponakan gw Agung dan Diksa buat bantuin ngegunting, sebagai bonusnya kalo udah selesai ngegunting, boleh maen game sepuasnya. Eh.. karna mereka udah gak sabaran pengen main game, jadi mreka motongnya cepet2, Finally, hasilnya gak rapi gitu, malah gambar kobernya banyak yang kepotong. Wah kacau nih, pikir gw. Pas gw kasih ke Mpu, Wuaataw… Mpu langsung murka, sampe si Agung ma Diksa nyumput gak berani menampakan diri lagi, hahaha.. gw kasian ma mreka, trus gw kasih deh mreka maen game. Huhh.. mau gak mau gw harus ngeprint beratus-ratus lagi. Trus pas lagi mau motong kober, lek Kus dateng, langsung aja gw minta bantuin. Ternyata lek Kus mau nungguin diesel di tempet yang ngaben.
Pas udah malem, yang laen pada buabar, gw suruh lek Kus buat tidur di Griye aja, dia malah diem aja. Trus malah ikut buabar, katanya mau ngecek dieselnya. Yaudah, gw tinggal tidur aja, lagian gw pikir lek Kus gak bakal mau nginep di Griye, kalo mau nginep paling2 di tempet Putu kaste. Tapi ternyata, pas udah skitar jam 11, dia mau ke griye malah gerbangnya udah di gembok, akhirnya tidur di gardu, malah kedinginan, pokoknya dia mondar-mandir sampe jam5 pagi dia gak bisa tidur, trus ngeliat putu keluar mau ngasih makan sapi, baru dia langsung tidur di sana. Huh, salahnya gw suruh tidur di Griye malah diem aja, bukannya nelpon gw atau lewat pintu blakang pas mau masuk ke griye. Orang punya sodara bali banyak kok kayak orang gak punya siap2, gw ngomong gitu ke dia.

13 Agust ‘09
Siangnya masih ngerajah, sorenya gw maen layangan, trus lek Kus dateng, dia mau jagain diesel lagi, katanya si sampek besok jagainnya. Trus gw langsung ke warungnya Mariani ma dia. Dia ngebeliin gw pulsa 10rb, lumayan, hahaha. Terus gw ajak dia ke Griye. Dia ceritain yang semalem dia gak da tempet nginep, jadi gw suruh malem ni buat tidur aja di griye. Trus gw pergi bentar beli mie ayam, di makan rame2 ma Biang, Komang, Diksa. Pas Mpu selesai sembahyang di tempet yang ninggal, lek kus langsung pamitan katanya mau pulang dulu, ntar ksni lagi. Padahal gw tau, dia tu malu kalo ada Mpu. Entah kenapa.
Gw langsung maen ke tempet yang ngaben, di sana cuman ada jaye dan bocah kecil lainnya. Temen2 yang lain katanya lagi maen ke sidorejo, nonton jogged, sedangkan ukir lagi di banjit. Sambil nungu lek Kus, gw ajak jaye ma komang Satrie maen kartu remi. Sampe lek Kus dateng gw ajak tidur aja, lagian udah malem. Eh, dia gak mau tidur di dalem, malah mau tidur di atas, mana gag ada dindingnya, kan dingin banget tuh, katanya biar bisa ngedenger suara dieselnya. Tapi gag boleh ma gw, akhirnya gw ajak tidur di samping kolam.. kasian juga dia harus nugguin diesel, padahal bisa di tinggal pulang, tapi dia gak mau, takutnya ntar dieselnya mati.

14 Agust ‘09
Hari ini waktunya ngeseng (bakar mayat). Tapi gw bangun kesiangan, orang2 udah pada berangkat ke sema (tempet bakar mayat). Biar gak malu, sebelum ke sema, gw ke rumah orang yang niggal dulu, gw nanya ada yang perlu di bawa ke sema lagi gak, kata pak Jedeng gak, yaudah gw langsung brangkat. Mana jalannya becek lagi, untung gak ada owjeck, hehe.. lagi musim ujan nieh. Pas sampe sana, abang gw minta di anterin ke balai desa dulu, ponakan gw Adit lagi ikut lomba mewarnai di sana, dia masih TK. Eh, karna ngewarnainnya lewat garis, dia malah nangis, hehehe’ maklum anak TK.
Pas lagi ngeseng, eh tiba-tiba ujan, ditunda deh ngesengnya. Gw ma kwan2 langsung nyari tempat berteduh, akhirnya kami ke balai desa. Pas ujan reda, ngeseng lanjuuttt.. selesai ngeseng, gw ma kwan2 ikut nganyud (buang abu ke sungai/laut), nganyud pertama ke kasai. Pokoknya perjalanan nganyud kocak abiest.. kawan2 gw gokil semua, berangkatnya kan pake truk, pada dorong-dorongan gitu. Gak asiknya tuh kaki gw lagi cidera.
Nganyud ke dua di Purwo, tadinya gw males ikut, luka di kaki gw tambah parah. Tp pas gw ngeliat kawan2 d truk, gw jadi pengen ikut lagi, yaudah deh gw naik. Nganyud yang ke dua ini sampe malem, soalnya sembahyangannya lebih lama. Ni pertama kalinya gw ke desa Purwo, hehe…
Pas sampe Griye, Mpu bilang katanya tadi ada yang nelpon, kayaknya sii Lek Kus, soalnya di ananyain, pak Dek nya ada gak? Tapi dia nelponnya pake telpon nya mbak Ktut Yani. Lucunya gini, lek kus kan nelpon, yang ngangkat Biang, lek kus kan nanya, Pak dek nya ada gak, eh Biang malah gak denger trus bilang gini, ni siapa, mau bicara sama ratu ya? Nah, lek kus ngira yang ngomong tu mbk Nyoman Candra, trus Ratu yang di bilang tu dia kira Ratu biang, ternyata yang ngomong Ratu Mpu, hahaha.. lek Kus langsung Panik, pas ditanya ini siapa ma Mpu, dia ngaku saya Vicky. Vicky tu kan nama anak ke-2 nya. Gw langsung nyusul dia ke tempat mbk gw, gw kira dia mau main dulu di sana, jd gw tunggu di gardu sambil ngumpul ma kwan2, bakar jagung. Gw tungguin kok dia gak keluar-keluar… sampek skitar jam 11, gw tengok ke dalem, ternyata udah pada tidur dan lek kus udah gak ada, pas gw balik ke Griye, ternyata dia udat tepar alias pules di Griye. Padahal gw udah pesen kalo udah mau tidur, panggil saya ya Lek…

15 Agust ‘09
Hari ini muda-mudi kumpul buat bikin patok di pure dan per-3-an buat 17-an. Gak butuh waktu lama, patok pun berdiri semua. Abis tug w ma kwan2 maen ke pasar, yah.. cuman sekedar liat..liat.. biar gak bosen di rumah terus. Padahal hari nig w rencana mau berangkat ke jogja. Scara tanggal 19 terakhir pengisian KRS. Trus tmen2 di jogja juga ngajakin gw buat ngadain upacara 17-an di atas gunung, jadi sambil climbing gt. Tp pas gw pikir2 gw juga pengen upacara 17-an di kampung, soalnya semenjak lulus SD gw blum pernah 17-an di kampung.

16 Agust ‘09
Berlalu gitu aja, gak ada yang berkesan….

17 Agust ‘09
Hari ini tau kan hari apa..?? hari terbesar buat seluruh masyarakat Indonesia. Muda-mudi Dharma Putra di undang untuk ikut upacara penaikan bendera di lapangan sekolah SD N 2 purwosari. Jadi kami semua upacara dengan pakaian adat bali, asik aja ngeliatnya. Abis upacara, gw ma temen2 ramean maen ke simpang, ke water Boom, lagian gw udah mau berangkat, istilahnya perpisahan gw ma tmen2. Kami berangkat sekitar 6 motor, gw ngebonceng pegi, pas berangkatnya santé, tp pas pulangnya, gw sengaja ngegeberr duluan, trus yang laen langsung kebutt… asem, mtor gw larinya pelan bangett… baliknya mampir di pasar buat makan mie ayam. Bushett, rame banget di pasar, scara lg 17-an. Karna saking ramenya, si pedagang sibuk buatin mie, gw liat di samping gw ada sekumpulan daging ayam, gw ma andik langsung ngambil banyak banget tanpa diketahui si penjualnya, nyuri donk gw, hehehe… ternyata 17-an di sini gak begitu seramai yang gw kira.

18 Agust ‘09
Rencana hari ini gw mau brangkat, tapi gag jadi lagi, hehehe.. lagian pakaian gw masih pada kotor, trus kawan gw bilang kalo pengisian krs paling lambat tanggal 24, dan mulai kulyah tanggal 25, yaudah gw santé aja. Gw mau ngajakin temen buat nonton kros, tapi gw gak ktemu mreka, katanya si lagi pada ke ladang. Yaudah akhirnya gw main ke rumah lek Kus, lagian di griye gag ada siapa-siapa, biang lagi di ajak priksa ke dokter.
Pas sampe di sana, lek kus lagi ngutak-atik hp, katanya sim card-nya rusak, jadi dia ganti nomer. Dia nanya kapan gw berangkat ke jogja, gw bilang ntar sore, dia langsung minta kontak motor, gw gak tau dia mau kemana.. gak lama dia balik lagi, trus nanya lagi, jam brapa brangkatnya? Gw bilang, hehe.. besok ding brangkat nya” “Ooalah…” jawabnya. Trus langsung pergi lagi, agak lama.. sampe tiba-tiba ada yang dateng, ternyata Blingah Suake. Dia bilang mau ngajak lek Kus brangkat ke jambi, yah.. gw kesel ngedengernya. Gak lama mbak Jum ma Vicky dateng. Gw langsung mainan ma Vicky. Gak lama lagi lek Kus dateng. Bawa 2 ekor ayam, ternyata sebelum gw brangkat, dia pengen ngajak gw makan-makan dulu. Tp ternyata udah di tungguin ma Bli Ngah, tp jadi lek kus cepet-cepet masak ayamnya. Udah gitu makan rame2. Abis makan, lek kus langsung siap2 mau brangkat ke jambi, yah.. padahal gw yang mau pamitan malah dia yang pamitan duluan ma gw…

19 Agust ‘09
Pagi ini gw siap-siap mau brangkat, gw udah dipesenin tiket yang brangkat jam 1, gw males mau brangkat ngecer.. gw pengen perjalanan kali ini nyantai… sampe-sampe gw juga nyantai buat berangkat ke poolnya. Karna saking nyantainya, gw sampe di pool skitar jam setengah 2, padahal brangkatnya jam 1, yaudah gw ketinggalan bus deh, akhirya gw disuruh nungguin bus yang berikutnya, ternyata bus AC Economi, padahal tiket yang gw pesen Patas, wah dasar sial.
Gw nunggu sampe jam 4 baru bus nya brangkok. Mana gw duduk di kursi pertama lagi, gak asik banget. Dalam perjalanan gw tidur doank, paling kalo lagi istirahat rug w keluar bus, nyari makan, laperr cuy.. beruntung jalannya gak macet. Tapi gak asiknya supirnya pelan banget bawanya.
Sialnya lagi, ternyata bus ini gak lewat jogja. Dia kan tujuannya ke solo, kalo lewat jogja kelamaan, mana penumpang yang mau ke jogja cuman gw sendiri lagi. Padahal sebelumnya gw udah bilang sama Mpu kalo Merta Sari tu gak ada yang bertujuan ke Jogja. Akhirnya gw diturunin di terminal semarang skitar jam 2 sore. Menurut faktanya, gw udah 3x di turunin di terminal semarang, hufft…. sial. Dari semarang akhirnya gw nyari bus yang ke jogja, nunggu lumayan lama, skitar jam 4 sore baru dapet bus yang ke jogja.. sialnya lagi, sesudah sampe di magelang, busnya berenti dang w disuruh turun di sana. Katanya busnya gak nglanjut ke jogja, soalnya penumpangnya terlalu dikit. Akhirnya gw cari lagi yang mau ke Jogja. Huft.. perasaan kok susah banget sih mau ke jogja doank, rencana mau dapet perjalanan yang santai malah melelahkan. Tapi untung nungunya gak begitu lama, tapi setelah masuk ke bus, weh..weh..weh.. penuh sekali, gak dapet duduk deh gw, hampir sampe jogja ru gw dapet duduk. Sampe Jogja skitar jam 8, padahal perkiraan gw paling lambat tu nyampe jogja skitar jam 4.
Pas udah sampe jogja, perjuangan gw belum selesai. Kalo udah malem, di jogja kan udah gak ada bus lagi. Gw si ngarep nya masih ada Trans Jogja, gw kan turunya di terminal Jombor. Tapi pas udah turun, gw cari-cari kok gak ada halte Trans Jogja.. wah gw bingung.. gw males kalo ngojek, mahal… akhirnya gw jalan kaki dulu bentar sambil liat-liat, siapa tau ada Halte, pas sampe di lampu merah, gw istirahat bentar, gw liat ada seorang bapak lagi berdiri disana, trus dia nanya, “arep nang di mas?” gw bilang mau ke UGM, trus dia bilang kalo jam segini mah udah gak ada bus lagi, ya gw juga tau (pikir gw dalem hati), ikut saya aja, saya mau nyegat mobil dulu, ntar kalo ada mobil pick up, pasti boleh nebeng. Ntar kamu turun di tugu aja, katanya. Yaudah deh, akhirnya gw ikut nebeng, yang penting kan gratis, hehehe’
Pas sampe di tugu, gw makan di angkringan dulu ma bapak itu. Orang jogja emang baik-baik. Abis makan, baru gw jalan menuju UGM, padahal masih lumayan jauh. Sedangkan bapak itu katanya mau pergi ke bantul, dia pekerjaanya narik bejak, becaknya ditinggal, katanya dia abis dari rumah temennya.
Gw langsung ke kost kawan gw, untung dia juga udah balik dari cilacap. Gw kan nitip barang-barang gw ke dia. Soalnya gw blum punya kost. Malem tug w nginep di kost dia… sampe besok paginya baru gw berburu kost, ….
Cerita liburannya udah ya, lanjut ke cerita harian gw yang di Jogja, hehehe..

Tidak ada komentar: