"Wellcome To The Crazy Blog, Sekedar Coretan Dari Shade!" Shade-Lawar: Mpu (Bokap Gw)

November 27, 2009

Mpu (Bokap Gw)

Beliau seorang ayah yang hebat bagi gw, yah.. meski gw gak begitu akrab namun emang gak bisa dipungkiri kehebatan Mpu sebagai seorang ayah. Jujur gw sulit untuk menguraikan sosok Mpu. Pastinya begitu banyak hal dan pengalaman hidupnya yang gw gak tau. Tapi disini gw pengen mendokumentasikan sedikit peranan beliau dalam kehidupan gw. Karna emang beliau lah sumber dan asal mula keberadaan gw.

Sifat Mpu yang ship menurut gw : Mpu itu orangnya tegas, berjiwa kepemimpinan yang hebat, mudah bergaul pastinya, perduli terhadap keadaan orang lain, berpikir maju, gak mudah menyerah, mempunyai tekad yang besar untuk kemajuan anak-anaknya, mampu menutupi rasa sedih hingga orang lain tak tau yang sedang beliau rasakan, suka berpidato (opininya ingin didengarkan oleh banyak orang), memberikan anak-anaknya kebebasan untuk berkarya, tidak terlalu memaksakan kehendak terhadap keinginan anaknya selagi hal tersebut membawa kemajuan.

Dan sifat beliau yang kurang gw suka : Mpu tu orangnya keras, maunya orang lain harus selalu nurutin kehendak beliau, ingin disegani banyak orang, selalu ingin dihargai, jika beliau merasa itu benar, beliau tidak akan menghiraukan pendapat orang lain, kurang akrab terhadap anaknya (mungkin itu bagi gw doank), terlalu memaksakan kehendak, terkadang gw ngerasa beliau kurang perduli terhadap apa yang orang lain sedang rasakan. Gw lupa yang lainnya, mungkin itu dulu aja!

Nama asli dari Mpu pun gw gak tau, karna Mpu udah jadi seorang pendeta diwaktu gw masih sangat belia, hehe.. Tapi gw masih inget beberapa hal dan pengalaman di masa Mpu belum menjadi pendeta. Dan tu masa-masa yang paling indah bagi gw. Di waktu itu gw ngerasa hidup gw totalitas banget. Secara gw belum sekolah, mainan banyak, Mpu masih free alias bebas kemana-mana dan punya ladang banyak, duit juga banyak, saudara blum pada nikah, pokoknya asik deh….

Mpu, lahir di Kintamani, Bali. Setau gw si 6 bersaudara, cewe 2 dan cowo 4. Maklum lah, gw gak seberapa paham mengenai silsilah keluarga besar gw. Di masa kecilnya Mpu Bolang alias bocah petualang banget. Tapi gw gak seberapa ngerti masa kecilnya, pokoknya sekitar tahun 1963 di dekat pemukimannya terjadi letusan gunung Agung yang lumayan dahsyat. Karna kejadian itu Mpu beserta kakek nenek gw dan paman-bibi gw kabur ke lampung. Awal singgahnya di Bandar Jaya.

Keadaan pada masa itu sangat memprihatinkan, jangankan makan nasi, ubi pun udah bersyukur banget. Pas di masa remajanya, dia sering melakukan meditasi hingga Mpu mampu melakukan kontak batin terhadap makhluk di dimensi lain, bahkan gak jarang mendapat bisikan dari mereka yang mampu membawa Mpu menuju keadaan yang lebih nyaman. Beliau juga sangat rajin mempelajari kitab-kitab weda. Dan memiliki tekad yang kuat untuk mengajarkan pelajaran weda tersebut kepada masyarakat lainnya.

Di Bandar Jaya beliau bertemu dengan Biang, nyokap gw. Dan gak lama menikah. Terus bareng sama kakek gw Mpu nyari lahan ke desa2 lainnya yang akhirnya menetap di Purwosari, Lampung Timur, kediaman sekarang. Setelah menikah, lahirlah 7 orang anak, 2 laki-laki (yang pertama dan gw tentunya) dan 5 perempuan, sayang yang no.5 udah tiada (mungkin bagi gw doang, dan tolong jangan Tanya kenapa!!) gw sendiri anak ke-6. Entar deh, gw certain yang lainnya, di sini khusus Mpu dulu, ok!

Dari ke-7 anaknya tersebut, belum ada yang berhasil menjadi apa yang Mpu dan biang harapkan. Gak ada yang menyelesaikan kuliah dan semua yang diatas gw UUT (ujung-ujungnya Tani) sampe tibalah giliran gw sekarang, entah kedepannya gimana, gw hanya perlu kesempatan. Ntah gw bakalan dapet yang sesuai dengan harapan gw atau bahkan gak dapet sama sekali.

Gw lanjut ya,
Di waktu gw lahir, Mpu udah berstatus sebagai Pemangku (satu tingkatan di bawah Pendeta), dan diwaktu gw berumur 6 tahun, Mpu ingin menjajaki ke jenjang yang lebih tinggi dan jadilah seorang Mpu (sebutan Pendeta Umat Hindu). Disaat akan dilakukan upacara mediksa (upacara pengangkatan seorang dari manusia biasa menjadi seorang Mpu), dilakukan pengetesan mengenai pengetahuan weda dan ajaran Hindu terlebih dahulu. Dan pas menjalani pengetesan, dengan seketika beliau bisa dan banyak mengerti ajaran Hindu yang padahal sebelumnya gak beliau ketahui. Itu lah salah satu ajaibnya, mungkin memang sudah dikehendaki beliu tuk jadi seorang Mpu.

Setelah menjadi seorang Mpu, disini kehidupan kami berubah, secara Mpu tak lagi boleh seperti masyarakat pada umumnya. Tak bekerja lagi, bepergian pun hanya sebatas acara keagamaan. Disaat itu, abang gw juga udah nikah, semua lahan pertanian diserahin ke dia, dengan catatan dia harus membiayai sekolah adek-adek nya. Tapi ternyata dia malah lebih mentingin diri sendiri, ladang gak keurus, uang untuk makan pun susah. Sedangkan Mpu dan biang gak boleh bekerja lagi.

Dengan gelarnya sebagai Mpu, kebanyakan orang mengira Mpu bisa menyembuhkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan Gaib. Mulailah banyak berdatangan pasien-pasien ke rumah gw, ada yang kesurupan lah, ada yang nyari jodoh lah, ada yang biar warungnya laku, atau ada yang habis kecurian. Kalo itu masih sesuai dengan norma sii pasti di tolong sama Mpu, tp gw juga gak seberapa ngerti, secara kalo ada tamu ke ruma, gw cuex aja, hehe’

Masalah hubungan gw sama Mpu gw akui emang gak seberapa akrab, secara dari gw kecil beliau udah jadi Mpu, dan dari SMP gw udah ngekos, jadi jarang bisa kumpul bareng keluarga. Bahkan sekarang gw di jogja pun gw jarang banget nelpon ke rumah, gw bingung mau ngomongin apa, kalo gak ada keperluan yaudah. Mungkin Mpu juga gitu kali ya… tapi yam au gimana, umur gw ja jauh banget sama Mpu. Seandainya gw anak pertama, mungkin bisa lebih akrab. Kadang gw merindukan seorang ayah yang biasa aja, maksud gw seorang ayah seperti ayah milik orang lain, yang biasa diajak maen bareng, becanda bareng, pokoknya gw pengen ada sesosok bapak yang akrab sama gw. Kalo Mpu tu kesannya harus ada rasa hormat, beliau bukan lagi manusia awam, seorang Mpu adalah orang yang sangat sacral dan harus dihormati.

Sekarang Mpu berusia kisaran 64 th. Udah tua kan…! Jauh banget sama gw usianya. Tapi beliau terlihat lebih sehat disbanding orang laen yang umunya sepadan. Mpu memang mengkonsumsi makanan yang sehat-sehat dan beliau juga gak makan daging. Mpu hobinya membangun rumah, entah apa tujuannya, sampe-sampe kadang kekurangan duit buat makan, cuman karna habis dipake ngebangun, dan sampe sekarang juga rumahnya belum beres-beres. Kadang aja gw ngerasa enggan buat minta duit buat kuliah atau sekedar beli hal yang gw pengen, karna kadang gw denger beliau bilang gak ada duit, tapu kok kalo buat ngebangun selalu ada duit?? Tapi ya sudah lah, mungkin beliau punya maksud lain dengan bangunan tersebut.

Tapi sebenernya kalo gw minta duit pasti dikasih, berapa pun itu, tapi gw kan ngerti juga gimana keadaan sebenarnya, Mpu juga udah gak kerja lagi, punya ladang juga gak ada yang ngurus. Gw kadang berfikir, kalo emang gak seberapa perlu, buat apa dibeli. Dan gw coba buat nyari penghasilan sendiri, tapi sampe sekarang belum bisa, hehe

Gw bingung nieh mau nulis dari sudut andang apa lagi, mungkin itu doank yang bisa gw coretin disini sedikit mengenai Mpu, gw harap nantinya gw bisa ngewujudin apa yang Mpu pengen dari gw sebagai anak Laki yang terakhir, gw sii selalu janji ke diri gw bakal selalu berusaha, tapi liat aja kedepannya gimana, semoga Tuhan selalu menuntun gw, Swaha….

Tidak ada komentar: